Jumat, 22 Januari 2010

Bandung Antisipasi Pembobolan ATM



BANDUNG - Sebagian bank di Bandung mengaku belum menemukan adanya pembobolan dana nasabah melalui ATM seperti yang terjadi di Bali sepekan ini, meski bank tersebut merupakan salah satu cabang bank korban pembobolan.

Sales and Service Manager Jabar Bank Permata Otto G Sidharta mengatakan, sejauh ini pihalknya belum menemukan kasus serupa yang terjadi di Jabar. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan otoritas bank dan vendor ATM bersama untuk meningkatkan pengamanan mesin tarik tunai tersebut.

"Kami telah membentuk tin investigasi di tingkat pusat dan berkoordinasi dengan daerah untuk mencari penyebab pembobolan dana nasabah ini. Sejauh ini belum ada laporan nasabah di Bandung menjadi korban," kata Otto kepada wartawan, Kamis (21/1/2010).

Bank Permata Cabang Bandung sendiri memiliki 34 ATM dengan tingkat penarikan rata-rata mencapai Rp50juta per hari. Penarikan maksimal sebesar Rp10juta per orang per hari. ATM tersebut, secara rutin diisi dengan uang rata-rata Rp250-400 juta per hari.

Hal yang sama dikatakan Kepala Kantor Wilayah VI Bandung PT Bank Mandiri I Wayan Sukarta. Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum menerima keluhan dari nasabah yang merasakan kehilangan dana.

"Walaupun kami belum menerima laporan adanya keluhan nasabah tentang hilangnya dana mereka, kami langsung melakukan tindakan preventif dengan melengkapi fasilitas keamanan ATM berupa penutup panel," kata Wayan.

Langkah tersebut diambil karena beberapa ATM Mandiri yang tersebar di Bandung masih belum dilengkapi panel penutup. Menurut dia, pihaknya juga akan berupaya lebih mengintensifkan edukasi mengenai kemamanan bertransaksi seperti penggantian PIN secara rutin untuk keamanan.

Pemimpin BNI Kanwil 04 Bandung M Yaman Bafiroes mengungkapkan, banknya telah menggunakan mesin ATM jenis baru untuk meningkatkan keamanan nasabah.

"Berdasarkan pemantauan kami, kondisi di Bandung relatif aman. Perseroan juga belum menerima adanya laporan nasabah yang kehilangan dananya. Kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan vendor jaringan ATM bersama bank lain dalam hal keamanan," ungkap Yaman.(hri)

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Share information with Dina 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates